Saturday, 27 June 2009

ikutan apok

10 Favorites
Favorite Season : autumn. sendu sendu gimanaaa gitu ahahahayy :p
Favorite Time : malem. apalagi kalo lagi fullmoon. wew.
Favorite Food : semua masakan rumahan, apalagi masakan emak :D
Favorite Drink : MILO!!!!!
Favorite Ice Cream : cotton candy baskin robbin
Favorite Sport : ngeliatin orang olahraga. ahhahaa :p
Favorite Actor : DUDE HERLINO
Favorite Actress : hem.. yang jadi blair aja deh di gossip girl ahehe.

9 Currents
Current Feeling : bosen
Current Drink : air putih
Current Time : stengah 10 malem
Current Show on TV : au dah apaan. lagi gak nyetel tipi
Current Mobile use : Sony Ericsson Z610i
Current Windows : XP
Current Underwear : lah?? mana saya tau.. ahhahaa
Current Clothes : baju tidur pewe warna abu-abu butek ahahaha
Current Thought : ini poni kok mulai rese? gue potong lagi aja apa yaa?

8 Firsts
First Nickname : tata
First Kiss : i save just for my hubby *yang mana mudah-mudahan dude herlino aw aw aw ♥ muah! HAAHA*
First Crush : tetangga berinisial AWW ahahahaha
First Best Friend : hem.. citra monica kalo gak salah.. apa kabar yaa dia sekarang ahahaha
First Job : gak sengaja jualan gelang. ahehe.
First Toy : lego dong. kan gue intelek dari kecil ahahaha
First Pet : apaan yaa? ayam kalo gak salah.. eh.. ikan deng ahahaha

7 Lasts
Last Drink : buset aer putih pakk
Last Kiss : barusan si hisyam nyium gara-gara gue kasih coklat ahahaha
Last Meal : sup ayam andalan mamah
Last Web Site Visited : google
Last Movie Watched : transporter marathon 1-2-3 ahuhah
Last Phone Call : firman.
Last TV show Watched : spongebob pastinya

6 Have You Ever…
Have You Ever Broken the Law : hem.. seinget gue sih gak.. ahehe
Have You Ever Been Drunk : alhamdulillah blom ahahah
Have You Ever Kissed Someone/Something You Didn’t Know : astaga. kagak lah.
Have You Ever Been in the Middle/Close to Gunfire : bujet. serem amat?
Have You Ever Skinny Dipped : apaan dah tuh?
Have You Ever Broken Anyone’s Heart : wew. kayaknya iya. ahehe. maap yaa..
Have You Ever Been Broken Hearted : haih..

5 Things
Things You Can Hear Right Now : suara orang berantem dari psp-nya hisyam
Things On Your Bed : selimut, bantal, remote ac, hape, gue, hisyam, psp
Things You Ate Today : banyak ahahhaa *perbaikan gizi dah dirumah*
Things You Can’t Live Without : sikat gigi *mati banget behel gue kalo gak disikat cuy*
Things You Do When You Are Bored : tidur

4 Places You Have Been Today : kamar, kosan pani, jakcloth, mobil ibnu

3 Things On Your Desk Right Now : astor, gelas, minyak telon

2 Choices : iya atau gak?

1 Place You Want To Visit : sydney. heuu :p


BAHAHAHAHHAHA

Friday, 26 June 2009

satu pertanyaan

hem..
udah lama juga gue gak ngepost.

alhamdulillah uas selesai juga. gak tau lah berapa hasilnya
mudah-mudahan cukup bagus dan mampu menutupi kekurangan ip gue kemaren.
amin

udah beberapa hari ini gue dirumah
yaaa.. di jakarta.
dengan ekspektasi liburan yang sangat singkat ini bisa gue isi dengan ketemu pacar *minimal sekali*
well, lagi-lagi gue salah.
liburan gue kali ini kayaknya gak bakal ketemu sama dia.
bukannya gue gak mau ketemu, tapi sepertinya gue dan dia emang gak boleh ketemu.
setiap janjian, pasti adaaaaa aja hal yang membuat batal.
hem..

gue tidak menyalahkan dia
karena pasti dia punya alasan kenapa membatalkan janji.
dan gue juga beberapa kali membatalkan janji jalan.
tapiiiii... gue gak bisa bohong.
gue cukup kecewa setiap kali dia bilang kalo dia gak bisa jalan atas alasan apapun.
well, pastinya gue udah preparing everything
entah itu nyiapin baju yang mau dipake, atau minimal nyiapin mental buat ketemu dia.
dan gue ngerasa semua itu sia-sia jadinya.

setiap kali dia ngebatalin janji,
dia selalu bertanya, "kamu marah ya?'
dan itu membuat gue agak sedikit mikir "ih, apa sih tika gitu aja marah. childish deh"
akhirnya gue pun mencoba menekan semua rasa kecewa yang sempat ada
dan menjawab "gak kok"
karenaaaa... gue emang gak mau marah hanya karena hal kecil kayak gitu

tapi..
lama-lamaa..
rasa kecewa itu makin susah gue tekan.
dan hari ini, saat dia lagi-lagi batalin janji.
gue gak bisa nahan nangis.

gue juga gak tau kenapa hari ini gue nangis.
sungguh, gak ada maksud buat nangis.
cuma, abis baca sms dari diaa.. mata gue berkaca-kaca dan gue gak bisa menghentikannya.
kalian boleh panggil gue cengeng, kalian boleh nilai gue lebay..
gue juga gak tau kenapa tumben gue bisa nangis.

well... mungkin gue childish. mempermasalahkan hal kecil kayak gini..
tapi.. lama-lama gue capek
capek mencoba mengerti kenapa gue susaaaaah banget ketemu sama pacar gue sendiri.

jadi, hari ini..
gue pertanyakan pada kalian
apakah salah kalo gue cuma pengen ketemu sama pacar.. sekaliiii aja.. sebentaaaarrr ajaa.
salah yaa?

Thursday, 25 June 2009

sepenggal kata untukku, untukmu

Bulan masih terlalu indah malam ini.
Tidak seperti biasanya.
Pasti gara-gara ada kamu di sini.
:)

Hey...
Kenapa cubiti tanganku?
Coba, coba, lihat deh ke atas sana.
Bukankah ia sedang tersenyum pandangi kamu?

Terkadang,
aku perlu bersyukur.
Kamu tanya kenapa?
Ya, itu karena aku sudah sempat menelan kebodohanku.
Seharusnya aku tidak terlalu repot mencari-cari diriku.
Dulu, aku terlalu sering berganti jati diri.
Ada aku yang kasar, yang attractive, dan yang autis.

Hihihi..
Kenapa tertawa?
Memang loh aku sempat jadi autis akut.
Bahkan sekarang aku pun tetap jadi autis kalau dipelukmu seperti ini.

Duh. Kenapa dilepaskan?
Oya, kamu tahu 'gak, bagaimana aku akhirnya mendapatkan jati diriku yang sebenarnya?

Sederhana.
Aku buang segala atribut ku yang lama.
Dan, aku biarkan diriku berkata jujur tentang dirinya.

Kata jujur itu yang seharusnya keluar dari dulu.
Tanpa paksaan, dan bukan suatu tren.

Aku tidak perlu lagi takut, kecewa, dan sedih.
Karena alam dan Tuhan, selalu dampingi aku.
Terutama 'tuk bersama kamu.

Mari, ulurkanlah kelingkingmu, agar ku kaitkan kelingkingku.
Dan ku berkata, "Aku adalah tangan untuk mengusap tangismu."

Kemudian,
kamu juga harus tahu bahwa menyampaikan cinta kasih itu tidak harus berbasa-basi.
(seperti lagu papa-mama yang begitu tulus menyampaikan cinta, tanpa dibuat-buat, tanpa dilebih-lebihkan.)

Dan biarkan ku berkata,
"Aku selalu merasa nyaman di dekatmu, dan kurasa ku t'lah jatuh hati padamu."

[NB: gak tau sebab mengapa bisa menulis ini.]

Wednesday, 17 June 2009

tempat pensil ku

Duniaku adalah tempat pensil..

Tempat dimana terletak segala macam bentuk, warna, dan fungsi dari hidupku.

Tempat pensilku hanya terbuat dari kain yang berpadu di sisi-sisinya.

Tempat pensilku adalah duniaku.
Setiap kertas yang terpampang, selalu kugoreskan.
Kugurat warna-warni.
Terkadang hanya pensil saja.
Itupun pensil 6H.

Yap, tepat di saat aku sedang gundah dan lesu berkomplikasi dengan kantong kering.

Ada juga 1 karya yang terindah yang tergores dengan indah.

Adalah suatu kejadian aku berjumpa dia di suatu tempat aku mengumpulkan retakan hidupku.
Dia indah.
Kala itu, aku kira aku ke-GR-an tingkat tinggi.
Namun,ternyata ia memang senang duduk di sebelahku.
Hingga akhirnya, kami berkenalan setelah lama.
Dan dunia terasa ber-fosfor/bercahaya beberapa minggu.
Namun, bodohnya aku, kujatuhkan tip-ex ke atasnya.
Ia kecewa, dan akhirnya tinggalkan aku.
Padahal aku ingin guratkan namanya dengan warna merah hati saat itu.
Andai, aku punya fotocopynya saat ini, aku akan jaga dia dengan laminating.

Kuanggap semuanya berakhir dan membuka halaman berikutnya.
Aku selalu berharap dapat menuliskan sebuah nama dari seorang bukan dengan tinta emas.
Hanya pensil warna merah hati.

Duniaku adalah tempat pensil yang rapuh.
Tidak dapat melindungi.
Ketika jatuh, pensil-pensil itu kembali remuk.
pena-pena itu kembali tersendat,

Sekarang aku harus hati-hati.
Ngantuk.

Monday, 15 June 2009

statistika-after-test and another thing that have been running in my head lately

first thing first,
selamat yaa buat yang lulus sma
ochachy WAJIB traktir gua sumpah gak pake boong
hari minggu kita WAJIB nonton transformer lo yang bayarin gua ahahahahaha

tadi gue ujian statistika.
setelah persiapannya yng cukup membuat gue sangat ingin meminum baygon yang ada dikamar,
alhamdulillah lumayan juga tadi ujiannya.
well, gue gak mau terlalu banyak berharap.
kalo pun gue nanti harus melihat huruf C
em, gue ikhlas deh.
mungkin apa yang pacar gue bilang tadi malem bener
semua itu butuh proses
siapa tau, dengan gue sebegininya sama statistika, suatu saat gue malah jadi ahli statistika paling oke sedunia..
*yang itu kayaknya gak mungkin ahahahahah*

dan akhir-akhir ini, selama uas,
gue sering melihat status temen gue kayak begini :

ask me how many times my heart has been broken and I will tell you to look in the sky and count the stars.

atau kayak begini :

The greatest distance on earth is not north and south, it's when I'm right in front of you and you don't know that I love you.

jadi inget beberapa bulan yang lalu,
jamannya gue sering bikin notes notes "galau" dan pastinya selalu nge-tag avoo, ivo, eka, dhita, aby, dan geng oke lainnya.
jamannya gue dipanggil miss galau sama mereka, gara-gara seseorang yang... ezz. gak mau bahas ah, ahahahaha.

sekarang, kalo gue liat lagi notes notes galau gue,
gue jadi mikir.. dulu gue segitunya atau waktu itu sengaja gue lebay-in yaa?
wewew.
ga tu deh ahh.
ahahahaha.

udah ah, mau belajar lagi.
gue masih ada ujian sampe hari rabu nih..
ahuhah.

tetap semangat kawan :)

Thursday, 11 June 2009

semester pendek oh semester pendek

dilema tingkat hyper tinggi nih gue.
haruskah gue mangambil semua mata kuliah sp-an gue?
tapi dua bulan gue... harus di nangor :(

kalo gak diambil, kuliah gue bakal *tambah* lama
tapi.. jadi bisa liburan *dan pacaran ahahaha*

duh..
what should i do??
mamah.. aku harus gimanah??

Wednesday, 10 June 2009

schoppenhauer dan nietzsche yang begitu membenci perempuan dan cinta

udah berapa bulan ini gue dan temen-temen gue heboh ngomongin dua orang ini
gara-garanya pas kuliah filsafat manusia.
gue lupa awalnya ngebahas apa,
yang jelas pas bagian ngebahas schoppenhauer, suasana kelas langsung berubah.
awalnya gue gak ngeh banget sama teori dia
cuma, karena suasana kelas jadi kondusif, gue pun ikut merhatiin materi
dan di depan kelas sedang terpampang slide yang lagi ngebahas schoppenhauer.

siapa sih schoppenhauer?
dia bukan siapa-siapa sebenernya.
dia menjadi "seseorang" setelah dia mengeluarkan teori seperti ini
cinta adalah penipuan diri, demi kesenangan individu
wanita adalah sumber derita, pemikat hati pria, licik seperti rubah membuat pria melakukan semua tindak kejahatan atas nama cinta
wew.
minggu depannya, kelas filman membahas tentang "murid"nya schoppenhauer, nietzsche.
teori nietzsche gak beda jauh dari role-model nya *schoppenhauer*.
nietzsche berpendapat bahwa
l'amour est de tous les sentiments le plus egoiste, et par consequent, lorsqu'il est blesse, les moins genereux
(cinta adalah segenap perasaan yang sangat egoistik, dan konsekuensinya, kalau sedang berselisih, dia sangat tidak bermurah hati)
ihwaw.
gue dan teman-teman gue (yang notabene perempuan semua *ya iya lah.. psikologi getoo.. isinya cewe semua sampe kering mata saya gak bisa ngeceng ahahaha*) benar-benar penasaran
kenapa sepertinya schoppenhauer, nietzsche, dan para filsuf lainnya begitu membenci wanita?

setelah mencari beberapa sumber dan bergosip dengan angkatan atas dan dosen muda,
kami pun mengetahui satu fakta yang cukup menjawab pertanyaan kami.

schoppenhauer tidak pernah menikah.
kekasihnya meninggalkan dia dan menikah dengan orang lain. ada yang bilang juga kalo pacarnya meninggal sebelum pernikahannya. dan ada juga yang bilang kalau dia ditolak karena dia cacat, padahal dia sangat mencintai perempuan itu.
wew.
gue cukup tercengang mengetahui fakta tersebut.
walaupun gue juga blom tau pasti yang mana yang jadi alasan utama schoppenhauer membenci wanita dan cinta, tapi gue dapet benang merahnya.
cinta om schoppen gak terbalas.

sedangkan kalo om nietzsche,
dia gak percaya kalo cinta itu ada.
bagi dia, cinta hanyalah alat untuk memiliki kekuasaan. kekuasaan atas individu lainnya. karena, hakikat hidup manusia adalah mencari kekuasaan. cinta itu, tidak nyata.
well, gue gak tau apa yang mendasari om nietzsche sampe puny pendapat seperti itu,
tapi kecurigaan gue cuma satu.
cinta om nietzsche juga gak berbalas.

jujur... gue kasihan sama mereka berdua *dan para filsuf lainnya yang sama pendapatnya dengan kedua orang itu, APAPUN ALASAN MEREKA*.
bagi gue, mereka mengeluarkan statement itu hanyalah sebagai pelarian
pelarian dari kisah mereka yang cukup menyakitkan
pelarian dari cinta mereka yang tidak terbalaskan
pelarian dari impian mereka yang tidak tersampaikan
pelarian dari rasa sakit yang mungkin gak pernah bisa hilang...

well, mungkin gue sok tau.
mungkin rasa sakit yang mereka rasakan jauh lebih sakit dari rasa sakit yang pernah gue rasakan.
tapi, kehilangan cinta, tidak harus membuat kita membenci cinta dong?
gue percaya, kalau hubungan tidak bisa bertahan berarti memang hubungan itu bukan hubungan yang baik untuk kita.
dan kenapa ya, mereka gak nerusin hidup mereka,
siapa tau cinta lain, yang lebih baik untuk mereka, datang dan akhirnya menyembuhkan semua rasa sakit yang mereka rasakan??
lagi-lagi.. kalian boleh anggep gue anak kecil yang sok tau.
yaah,, gue cuma nulis apa yang gue pikirin doang kok..

udahan ah, mau lanjutin blajarnya.

tetap semangat kawan :)
Slide 10

Slide 10


Tuesday, 9 June 2009

jangan dianggep serius. ini cuma sisa ujian bahasa jaman sma.

Hai, nama gue Lithia. Lithia Aurumita. Sudah dua bulan mama memasukkan gue ke Rumah Sakit Jiwa. Mama pikir gue gila. Padahal gue cuma kehilangan cinta. Padahal gue cuma ditinggal mati Dia.

Namanya Gege. Argenta Ghandina. Yup, dari namanya saja sudah ketahuan kalau kita mean-to-be. Nama kita sama-sama berasal dari unsur kimia. Mungkin gara-gara itu dia jadi sosok yang sangat berarti buat gue. Gege adalah orang paling aneh yang pernah Tuhan ciptakan. Cuma Gege yang selalu lupa kalo gue ulang tahun bulan Juni. Cuma Gege yang dengan santainya dateng tengah malem bulan Oktober, lengkap dengan ranselnya dan masih bau pesawat, membawa anggrek putih yang dikacain sambil cengar-cengir bilang ”selamat ulang tahun”. Cuma Gege yang bisa dengan gampangnya merusak mood gue, dan lebih gampang lagi membuat mood gue bagus lagi. Cuma Gege yang bisa tau kapan gue sedih, kapan gue seneng, dan kapan gue diem-diem menyimpan tangis diantara tawa ceria gue. Cuma Gege yang mengerti gue.

Gege adalah segalanya buat gue. Gue sayang Gege. Dan gue tau Gege juga sayang sama gue. Setidaknya gue percaya dia sayang gue, karena dia sering bilang dia sayang gue, sesering dia nyakitin gue. Tapi, gue tau, gue percaya, Gege sayang gue.

Dan hari itu, hari kecelakaan Gege, seharusnya bisa gue cegah. Tapi kekerasan hati gue menghancukan segalanya.


***


Kejadiannya satu tahun yang lalu. Hari itu, lagi-lagi Gege pergi bersama Yuri. Ini sudah entah keberapa kalinya Gege pergi dengan dia. Saat itu, gue sudah sangat lelah. Gue lelah Gege kecewain. Gue lelah Gege sakitin. Gue lelah percaya bahwa Gege akan berubah.

Maka, saat Gege datang dan menunggu gue di luar pagar, gue mengusirnya.

”Lithia, tunggu, aku bisa jelasin semuanya!” teriak Gege dari luar.

”Apa? Apa lagi yang mau kamu jelasin? Kamu mau jelasin kalo semua ini kesalahan dan kamu gak akan mengulanginya? Udah sejuta kali kamu ngomong begitu dan kamu masih terus aja begini. Kamu gak pernah berubah.”

”Lithia, tolong kasih aku satu kesempatan lagi. Aku benar-benar menyayangi kamu. Ini semua masih bisa kita bicarakan.”

Airmata gue mulai menggenang mendengar teriakan Gege. Napas gue mulai berat.

”Ge, aku lelah. Lelah dengan janji-janji kamu yang gak pernah kamu tepatin. Lelah dengan semua harapan kosong bahwa kamu akan berubah, kamu gak akan lagi jalan sama Yuri. Kenyataannya, kamu selalu dan selalu dan selalu dan selalu dan selalu nyakitin aku. Aku lelah.”

”Lithia, ini terakhir kalinya aku begini. Aku sayang kamu!” teriak Gege.

”Aku ingin semua berakhir hari ini, Ge.”

Setelah mengatakan itu, gue menutup pintu dan meninggalkan Gege diluar begitu saja. Dan saat hujan diluar turun dengan lebatnya, gue hanya mampu menatap Gege dari ujung jendela.

Aku cuma cinta kamu. CUMA kamu. dan akan selalu kamu. GAK pernah ADA YANG LAIN. sampai aku mati hati ini cuma buat kamu. kenapa kamu GAK bisa percaya sih??” teriak Gege diantara hujan yang turun dengan sangat lebat.

Hati gue sangat sakit mendengarnya. Dia pikir gue sudah gak sayang dia? Gue juga masih sangat sayang dia. Gue sangat ingin percaya, tapi gue juga gak tau kenapa gue gak bisa percaya lagi sama dia. Akhirnya gue menutup tirai yang tadinya masih terbuka. Gue memutuskan untuk tidur. Siapa tahu semua ini akan menghilang begitu saja begitu gue terbangun.

Keesokan harinya, Gege sudah tidak ada didepan pagar rumah gue. Dan dia menghilang juga dari hidup gue. Satu bulan gue gak mendengar kabar dari dia sama sekali. Gue pun mencoba untuk tetap menjalani hidup gue tanpa Gege, walaupun gue tahu semuanya sangat berbeda tanpa dia.

Tepat satu bulan Gege ”menghilang” dari hidup gue, Gege menelpon gue. Melihat namanya di LCD hape gue ternyata masih membuat napas gue berat.

”Lithia.”

”Apa lagi, Ge? Belum puas bikin aku nangis? Belum puas nyakitin aku? Gak bisa ya, ngebiarin aku punya hidup tenang sendiri??”

Peut-etre maintenant

Je suis lain d’etre parfait

Je suis un home sans importace mais

J’ai promis d’apprendre a l’aimer

Tu es la personne en qui j’ai espair tu es man seul amour

Tu croist n’est ce post

Gue terdiam mendengar kata-kata Gege. Huff. Pelan-pelan gue coba mengeraskan hati. Gue masih bertahan untuk tidak memaafkannya.

”Lithia, please. Je ne veux pas finir ainsi,” kata Gege, terdengar sangat putus ada. Dan gue melakukan kesalahan terbodoh yang pernah gue lakukan. Gue menutup teleponnya.

Gue gak pernah tahu, sesaat setelah gue menutup telepon, Gege terjatuh. Dan itu menyebaban pendarahan otak yang cukup parah. Untungnya Gege segera dibawa ke rumah sakit. Tapi, keadaan Gege terlanjur memburuk.

Kecelakaan itu membuat Gege koma. Setelah dua bulan mencoba bertahan, akhirnya Gege menyerah. Gege memilih berhenti berjuang. Mungkin Gege lelah berjuang sendirian. Mungkin kematian lebih mudah bagi Gege. Entahlah. Yang jelas, Gege memilih untuk pergi. Pergi meninggalkan gue selamanya.

Dan ya, gue tahu berita kematian Gege setelah Gege dikubur. Gue benar-benar gak menyangka semuanya akan berakhir seperti ini. Gue belum sempat mengatakan kalau gue sudah memaafkan dia. Gue bahkan belum sempat mengatakan kalau gue sangat menyayangi dia. Dia pergi begitu saja.


***


Semenjak hari itu, gue gak bisa berhenti menyalahkan diri. Gue tahu semua ini salah gue. Gege sudha menyesal. Gege sudah meminta maaf. Dan gue tidak memberi dia kesempatan. Gue membunuh dia.

Je ne veux pas finir ainsi (aku tidak mau semua berakhir seperti ini). Kata-kata terakhir Gege terus terdengar di telinga gue. Ini semua salah gue. Gue yang membuat semuanya berakhir seperti ini. Dan gue hanya bisa terdiam di kamar. Menyesali semua keegoisan gue. Menyesali kekerasan hati gue.

Mama selalu dan selalu menyuruh gue keluar, selalu menyuruh gue makan, dan bahkan menyuruh gue memulai hidup baru. Ha! Apa mama gak tau, Gege adalah hidup gue. Tanpa dia, gak ada lagi gunanya gue membuka mata setiap pagi. Mama gak mengerti perasaan gue. Cuma Gege yang mengerti gue. Cuma Gege yang bisa.

Dan akhirnya, Mama ga tahan menghadapi gue. Gue pun berakhir disini. Di Rumah Sakit Jiwa. Ya sudah lah. Justru lebih baik disini. Disini gue bisa tenang. Disini gue sendiri. Dan gue bisa pelan-pelan membangun dunia gue yang baru. Dunia yang sepi. Hanya ada gue, dan Gege.

Monday, 8 June 2009

mencintai itu sebuah keputusan

oleh : Anis Matta

Lelaki tua menjelang 80-an itu menatap istrinya. Lekat-lekat. Nanar. Gadis itu masih terlalu belia. Baru saja mekar. Ini bukan persekutuan yang mudah. Tapi ia sudah memutuskan untuk mencintainya. Sebentar. kemudian ia pun berkata, “Kamu kaget melihat semua ubanku? Percayalah! Hanya kebaikan yang kamu temui di sini”. Itulah kalimat pertama Utsman bin Affan ketika menyambut istri terakhirnya dari Syam, Naila.

Selanjutnya adalah bukti. Sebab cinta adalah kata lain dari memberi. sebab memberi adalah pekerjaan.. sebab pekerjaan cinta dalam siklus memperhatikan, menumbuhkan, merawat dan melindungi itu berat. sebab pekerjaan berat itu harus ditunaikan dalam waktu lama. sebab pekerjaan berat dalam waktu lama begitu hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang memiliki kepribadian kuat dan tangguh.
maka setiap orang hendaklah berhati-hati saat ia mengatakan, “Aku mencintaimu”. Kepada siapapun! Sebab itu adalah keputusan besar.

Ada taruhan kepribadian disitu. Aku mencintaimu, adalah ungkapan lain dari Aku ingin memberimu sesuatu. Yang terakhir ini juga adalah ungkapan lain dari, “Aku akan memperhatikan dirimu dan semua situasimu untuk mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk tumbuh menjadi lebih baik dan bahagia…” “aku akan bekerja keras untuk memfasilitasi dirimu agar bisa tumbuh semaksimal mungkin…” “aku akan merawat dengan segenap kasih sayangku proses pertumbuhan dirimu melalui kebajikan harian yang akan kulakukan padamu …” “aku juga akan melindungi dirimu dari segala sesuatu yang dapat merusak dirimu….” Dan proses pertumbuhan itu taruhannya adalah kepercayaan orang yang kita cintai terhadap integritas kepribadian kita.

Sekali kamu mengatakan kepada seseorang, “Aku mencintaimu”, kamu harus membuktikan ucapan itu. Itu deklarasi jiwa bukan saja tentang rasa suka dan ketertarikan, tapi terutama tentang kesiapan dan kemampuan memberi, kesiapan dan kemampuan berkorban, kesiapan dan kemampuan pekerjaan-pekerjaan cinta: memperhatikan, menumbuhkan, merawat dan melindungi. Sekali deklarasi cinta tidak terbukti, kepercayaan hilang lenyap. Tidak ada cinta tanpa kepercayaan. Begitulah bersama waktu suami atau istri kehilangan kepercayaan kepada pasangannya. Atau anak kehilangan kepercayaan kepada orang tuanya. Atau sahabat kehilangan kepercayaan kepada kawannya. Atau rakyat kehilangan kepercayaan kepada pemimpinnya. Semua dalam satu situasi: cinta yang tidak terbukti.

Ini yang menjelaskan mengapa cinta yang terasa begitu panas membara di awal hubungan lantas jadi redup dan padam pada tahun kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Dan tiba-tiba saja perkawinan bubar, persahabatan berakhir, keluarga berantakan, atau pemimpin jatuh karena tidak dipercaya rakyatnya.

Jalan hidup kita biasanya tidak linear. Tidak juga seterusnya pendakian. Atau penurunan. Karena itu, konteks di mana pekerjaan-pekerjaan cinta dilakukan tidak selalu kondusif secara emosional. Tapi disitulah tantangannya: membuktikan ketulusan di tengah situasi-situasi yang sulit. Di situ konsistensi teruji. Di situ juga integritas terbukti. Sebab mereka yang bisa mengejawantahkan cinta di tengah situasi yang sulit, jauh lebih bisa membuktikannya dalam waktu yang longgar. Mereka yang dicintai dengan cara begitu, biasanya mengatakan bahwa hati dan jiwanya penuh seluruh. Bahagia sebahagia-bahagianya. Puas sepuas-puasnya. Sampai tak ada tempat bagi yang lain. Bahkan setelah sang pencinta mati.

Begitulah Naila. Utsman telah memenuhi seluruh jiwanya dengan cinta. Maka ia memutuskan untuk tidak menikah lagi setelah suaminya terbunuh. Ia bahkan merusak wajahnya untuk menolak semua pelamarnya. Tak ada yang dapat mencintai sehebat lelaki tua itu.


ps : untuk sesorang yang telah berani berkata : aku mencintaimu

Saturday, 6 June 2009

overview hari ini... *wew, ternyata biasa aja yaa?*

pagi, gue terbangun jam setengah 1 pagi.
temen gila gue, mamih dhita, sms.
gue pun menyadari. umur gue berkurang satu lagi hari ini.
belum sempet gue bales sms dari mamih dhita, temen kosan gue, nina dan ira ikutan sms.
gue pun bales satu-satu.. lalu tidur lagi

jam lima, mamah bangunin gue.
tapi kali ini gak ada kado, gak ada amplop, ataupun surat.
well, jujur, semakin beranjak besar, gue semakin gak peduli sama kado barang.
tapi, setiap tahun, gue selalu menantikan surat dari mamah
sayangnya tahun ini mamah bilang mamah gak bisa bikin.
hem.. ya udah, mau gimana lagi?
tapi jujur, gue sangat kecewa..

abis bangun, gue iseng buka pesbuk dari hp.
anjrit, ada 47 notif. hem.. males ngecek lagi.
yang pasti itu agak sedikit mengurangi rasa kecewa gue.
abis ngulet-ngulet dikit, liat hape *berharap ada tulisan new message from :), tapi gak ada*,
trus gue mandi.
abis mandi, gue turun ke bawah dengan ekspektasi ada nasi uduk.
lagi-lagi gue salah.
mamah gak bikin nasi uduk.
oke. good.
dua tradisi lama keluarga gue tidak ada lagi. padahal itu yang membuat gue pulang.
huff.. tahan.. gue gak boleh marah.
gak boleh ngambek...
gue pun memaksakan diri tetap bersikap biasa.
dan semua baik-baik saja.

jam 9.an, ibnu sms
"
tikaaaaa!!!! sorry gue baru bangun. semalem gue abis kecelakaan
hmm, happy birthday yaa!!! have a blast. jadilah tika seorang dokter psikolog yang hebat! "
lagi-lagi ibnu kecelakaan. heu..
gue pun sms-an sebentar, dengan topik yang mendadak berubah jadi what if ibnu died last nite. heuu..
eh, eh, diantara sms-sms ibnu, dia sempet bilang
"mau sweet seventeenan dimana tik??"
gue pun jawab "i'm 19 nu."
ibnu bales "but you look like 17."
hhhhh... gue gak tau itu pujian ato apa..
tapi hari ini, gue anggap itu sebagai pujian.

jam 10.an.. gue baru sadar.
ario masih blom sms.
good.
gue pun sms dia. dan dia bales sok polos.
ya udah gue sms lagi *ngambek ceritanya*. akhirnya dia ngucapin juga.
katanya sengaja. huu dasar.. :p

abis itu lagi-lagi gak ada kerjaan..
hem..
*sambil mikir, ngapain gue pulang yak? mendingan di nangor.. belajar lebih fokus*
terus akhirnya kakak gue pulang dan kita sekeluarga makan.
pas makan, ade gue nyisain apelnya lamaaaaa banget disebelah gue
gue pun ngambil apel itu dan gue makan.
shoot, behel gue kawatnya lepas gara-gara gue salah posisi gigit.
bokap gue tiis diem aja liat gue berdarah-darah bibirnya *untung ga pingsan gue liat darah*,
kaka gue malah asik makanin sisa lauk yang blom abis.
nyokap gue ngasih gue tisu sambil bilang
"sukurin, makanya makanan adenya jangan di makan.."
ade gue kompak ketawa dua-duanya.
yeah rite. what a day..

abis makan, pulang lagi..
gak ada kerjaan lagi..
akhirnya gue ngepost ini..

hemhem..
ternyata, nambah umur biasa aja ya??
kayak hari-hari biasa ajaa..

tapi gue jadi sadar satu hal.
dari minggu lalu, saat orang-orang mulai menanyakan gue mau kado apa, gue malah gak tau mau jawab apa.
padahal, coba tanyakan itu saat gue masih kecil..
gue akan menjawabnya dengan lantang dan tentunya banyak..
tapi sekarang.. gue gak tau mau jawab apa.
makin gue gede, makin gue kehilangan interest dengan kado yang sifatnya "barang"
wishlist gue juga isinya pengen ketemu pacar, temen, dude, afgan, pengen jalan-jalan sama immersion group, pengen ujan-ujanan..
gak ada yang barang..
oke.. gue pengen coklat.. tapi entah kenapa ya udah..
gue gak segitu pengennya sama coklat itu..

wew..
apakah ini tandanya gue sudah mulai dewasa??

aseekkk..

udah ah. mau mandi.
tetap semangat kawan :)

wew.

oktaviani Mutiara Dwiasri cie cie yg udh nbmbh tuaaa. . .
get closer to kepala 2. . hahaii
happy b'day kakakku sayang nan odoooooong. . . .
smoga itu hasil jatoh gara" anjing udh sembuh and wish u a verry happy life forever! =)
traktiiiir!hahahaha

Wit Ri Happy birthday Tika..!
May all your dream come true.. :D
*n cpat pulih tentunya, yg sabar ya!*

Eka Nur tikey, happy birthday yyyyaaa.
smoga cepet dapet jodoh. loh? hahaha
smoga dpt yg terbaik dah.
love you, muaaah!

Afrida Anindya tikaaaaaaa happy birthdaaayyyy :D
wish you all the best yaaaaaaa :DDDD

Gabrielle Caecaria A Tikaaaaa,,
happy birthday,,
smoga pjg umur,uasnya sukses,wishlist-nya terkabul smua,doa & harapan lu terkabul smua..
Intinya mah wish u all the best-lah tik..
Happy birthday yak..
^.^

Muhammad 'Bubenk' Rizki Woi makhluk!
Wilujeng tepang taun...jangan mimpi didoain biar cantik ato dpt dude herlino..doanya biar umurny jadi berkah n jarang bengek..hahaha..pis ah.

Rachmalia Yulianti hahha tikaaa..te2p y duDe herLino.he, hPPy bDay yaa..km mgingatkanku pd reward yg wkt itu..hehhe maaPh y.. sLmt tika..hoPe ur dreams coMe true..hohho

M Reza S Zaki wakakakakakak,met ULTAH kwnd....semoga selalu diberikan kemudahan2 dalam setiap pencapaian yg kartika inginkan,salam bwt m2h mu...hehehehhe

Dini Alfiah Sehono Tikaaaaaa.
Happy birthday ya syg.
Wish u all the very best.
♥ ♥ ♥ ♥ ♥

Bhavya Trihandini happy bdaaaay sayaaangku tikaaa :D wish u all d best ya cantttiiikkkk hehehehe

Fredrick Dermawan Purba Happy birthday...sukses selalu..

Ratna Jatnika Selamat ulang tahun...mudah2an senantiasa diberi kebahagiaan

Reshan Janotama dear Tika,
senangnya bisa mengucapkan ulang tahun ... karena biasanya gw ngisi wall lw dengan kalimat2 iseng ...
happy b-day yah non ... semoga Allah menguatkan Islam dengan mu .. sebagaimana Siti Aisyah ra, amien

Rangga Gandina oy tik, met ultah ye!
pa kbr lho?


dari sms

mamas : woi orang aneh, selamat ulang tahun yaa, kemaren gak ke ITB :( pameran gue lo abandon-in :((

neqe : tante~~~. happi basudeii~. kangen tantee~~

moe : hoi selamat ulang tahun yaa.

iramia : saiia yang bernama iramia triastika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada sahabat saiia yang bernama kartika yuniarti. terima kasih :D.

andhita : tika sayaaaaang.. hepi bed dey yaa. semoga ***** emang jodoh lo. huehuehue. semoga ip smt ini bagus. jangan lupa traktiran di nangor yaa. nyehehee.

ibnu : tikaaaaa!!!! sorry gue baru bangun. semalem gue abis kecelakaan
hmm, happy birthday yaa!!! have a blast. jadilah tika seorang dokter psikolog yang hebat!
*ibnu, dokter dan psikolog is a really different job. gue calon psikolog, bukan dokter.*

:) : hm, happy birthday ya dear. wish you all the best honey. aku sengaja. hhehe. aku sayang kamu. maaf yaa. *dia sms setelah gue ambekin. huu.. dasar*

wew..
makasih yaa semuanya :D
buat bang jeki, mba witri, dan mba ratna *dosen pengantar psikologi, bahasa inggris, dan statistik saya*, makasih yaa.. ucapan dari kalian sangat berarti untuk saya :D

Thursday, 4 June 2009

sehari bersama mamah

udah dari kemaren gue pulang.
hem.. jakarta..
sekarang kayaknya bakal jarang pulang gara-gara bis gak boleh turun di uki.
kalo pun gue pulang harus ke bandung dulu.
heuheu..
ario.. maaf yaa.. kita makin gak bisa ketemu :((

sebenernya udah dari minggu lalu suddenly gue kangen mendadak sama mamah
gara-gara baca notes lama tentang kenapa bunda begitu istimewa,
gue jadi inget sama curhatan mamah yang terakhir
dan gue pun jadi beneran pengen pulang..

dan akhirnya hari ini sukses seharian bonding time sama mamah
dari pagi udah diseret nemenin ke pasar,
terus disuruh bantuin masak, yang mana gagal,
dan membuat mamah mengatakan

"kamu gak bisa masak?? bentar lagi kamu 20 tahun... nanti kalo nikah suami kamu mau dikasih makan apaan?? malu mamah punya anak perawan gak bisa masak!!"
wew. pemikiran mamah jauh sekali ke depan.
udah mikirin gue punya suami aja yak??
semester 2 aja blom selese mahh.. jangan nikah dulu lahh.. :(
abis itu gue harusnya bantuin mamah beresin taman di belakang rumah,
tapi yang ada kita malah main ayunan.
ya ampun..
gue gak nyangka ayunan jaman gue sd masih kuat nahan berat badan gue dan mak gue..
dan diayunan gue sama mamah becanda-becanda
trus gue gak sengaja ngeliat pot anggrek putih kesayangan gue
anggreknya tinggal 1 doang yang mekar!
padahal menurut perhitungan umur anggrek, harusnya masih nyisa 3-6 bunga lagi.
hoah.. gue pun manyun..
nyokap pun bilang "kamu sih gak pernah pulang.. anggrek aja sedih gak pernah kamu tengokin, apa lagi mamah.."
emm.. gue langsung gak jadi manyun.

abis itu, ade gue pulang ngaji dan gue diminta nemenin maen sepeda.
ahahahaha.. udah lama gak maen sepeda.
muter-muter komplek bentar, trus ade gue minta udahan.
pas mau udahan, ade gue dikejer anjing
adeww.. naluri "kakak" gue muncul.
gue pun mengalihkan atensi anjing itu hingga jadi sukses ngejer gue..
damn-nya gue lupa rem gue agak odong.
pas gue mau belok, rem gue gak enak banget, dan gue pun oleng
lalu gue sukses jatoh.
untung anjingnya oon.
dia tetep aja lari ngelewatin gue tanpa sadar objek buruannya udah jatoh.
heu..
tangan kiri gue makin bengak :((

ah..
cape lah hari ini.
tapi seneng.
gue... sayang mamah :D

tetap semangat kawan :)

Tuesday, 2 June 2009

little of your time

RULES of THE GAME
1. Put your music on shuffle.
2. For each question, press the next button to get your answer.
3. YOU MUST WRITE THAT SONG NAME DOWN NO MATTER HOW SILLY IT SOUNDS!
4. Tag 10 friends who might enjoy doing the memo as well as the person you got the memo from.

IF SOMEONE SAYS “IS THIS OKAY” YOU SAY?
if that's ok with you - shane west
*oke dahh

WHAT DO YOU LIKE IN A GUY/GIRL?
sadness and sorrow - naruto
*gue gak suka cowo yang sedih mulu kok..

HOW DO YOU FEEL TODAY?
tak termiliki - rossa
*siapa yang tak termiliki??

WHAT IS YOUR LIFE’S PURPOSE?
over it - kath mcphee
*huahuahua. no comment

WHAT IS YOUR MOTTO?
umbrella - rihanna
*seperti yang mamah selalu bilang, bawa payung sebelum hujan. ahahaahahaa

WHAT DO YOUR FRIENDS THINK OF YOU?
my heart - paramore
*yaa.. gue emang selalu ada dihati mereka.. huahuahua

WHAT DO YOU THINK OF YOUR PARENTS?
your call - secondhand serenade
*yeup.. i was born to tell i love them

WHAT DO YOU THINK ABOUT VERY OFTEN?
you and me against the world - mocca
*gue jadian sama dia.. cukup against the world, huahuahua

WHAT IS 2+2?
all we know - paramore
*yaa.. semua orang tau apa jawabannya kann??

WHAT DO YOU THINK OF YOUR BEST FRIEND?
these words ( i love you ) - natasha bedingfield
*i love them.. i love them.. i love them

WHAT DO YOU THINK OF THE PERSON YOU LIKE?
little of your time - maroon 5
* heeh nih.. pengen ketemu.. sebentarrr ajaaa

WHAT IS YOUR LIFE STORY?
what if - mocca
*emang banyak pertanyaan yang masih gantung sihh dalam hidup gue..

WHAT DO YOU WANT TO BE WHEN YOU GROW UP?
just stand up - beyonce et all
*gue emang harus stand up through what ever.. huahuahua

WHAT DO YOU THINK WHEN YOU SEE THE PERSON YOU LIKE?
when will i see your face again - jamie scott and the town
*kapan kita bisa ketemuan lagi yaa?

WHAT DO YOUR PARENTS THINK OF YOU?
where are you? - natalie
*aku kan lagi dijatinangor mahhh, pahhh...

WHAT WILL YOU DANCE AT YOUR WEDDING?
mitsumeru saki ni wa - dn angel
*ahhh.. soo sweett

WHAT WILL THEY PLAY AT YOUR FUNERAL?
womanizer - britney spears
*hha?? bujutt

WHAT IS YOUR HOBBY/INTEREST?
crush - david archuleta
*hobi gue jatuh cinta. kucrut.

WHAT DO YOU THINK OF YOUR FRIENDS?
thousand miles - vanessa carlton
*temen-temen gue emang sekarang kepisah jauhh.. kangenn

WHAT’S THE WORST THINK THAT COULD HAPPEN?
when your gone - avril lavigne
*wew.. its true...

HOW WILL YOU DIE?
i miss you - incubus
*gue mati kangen!! huahuahua

WHAT IS THE ONE THING YOU REGRET?
pernah muda - bcl
*nyahahaa.. nyesel pernah muda? sekarang aja masih muda..

WHAT MAKES YOU LAUGH?
jimmi neutron
*bener nihh.. lucu tuh kartun

WHAT MAKES YOU CRY?
kau - dua
*noo comment...

WILL YOU EVER GET MARRIED?
to be with you, that enough for me - the project
*ihh.. jadinya gue gak nikah juga gak apa-apa gitu?? ogahhh... mau nikahhh

WHAT SCARES YOU THE MOST?
gelora asmara - derbi romero
*nanti kalo terlalu bergelora malah terbakar.. huahuahua

DOES ANYONE LIKE YOU?
officially yours - craig david
*agak nggak ngerti gue dimana kolerasi pertanyaan dan jawabannya.. huahuahauhua

IF YOU COULD GO BACK IN TIME, WHAT WOULD YOU CHANGE?
womanizer - britney spears
*emang para womanizer harus diberantas.. huahuahua

WHAT HURTS RIGHT NOW?
these word ( i love you ) - natasha bedingfield
*its hurts.. if he said it not for you..

WHAT WILL YOU POST THIS AS?
little of your time - maroon 5

gila..
padahal ini udah gue shuffle. masih aja pas..
nyahahahahhaa

manis banget deh.. :D

Seorang anak bertanya kepada Tuhannya, "Tuhan, kenapa bundaku sering menangis?"
Allah menjawab,

"karena ibumu seorang wanita.
Aku ciptakan sebagai makhluk yang sangat istimewa.
Aku kuatkan bahunya untuk menjaga dunia.
Aku lembutkan hatinya untuk memberi rasa aman.
Aku kuatkan rahimnya untuk melahirkan benih manusia.

Dan Aku tabahkan pribadinya untuk terus berjuang saat orang lain menyerah.
Aku beri dia rasa sensitif untuk mencintai putra putri nya dalam keadaan apapun.
Aku kuatkan batinnya untuk tetap menyayangi meski disakiti sekalipun.

Aku beri dia kekuatan untuk mendorong suaminya belajar dari kesalahan.
Aku beri dia keindahan untuk menlindungi batin suaminya.

Bundamu, makhluk yang sangat kuat.
Jika kau melihat bundamu menangis, karena Aku beri dia air mata, yang bisa digunakan sewaktu-waktu.
Untuk membasuh luka batinnya dan memberinya kekuatan baru."

Monday, 1 June 2009

his other letter

aku terbangun. lampu di kamarku padam. seluruhnya gelap.

tetapi ada dua sosok perempuan yang menari terang di penglihatanku yang gelap. dua sosok itu berbeda. bagai air dan api. satu sisi yang tenang dan satu sisi yang membara

Silau cahaya itu benar-benar mebangunkanku. Sebelum lampu kamarku menyala, aku terbangun dan melihat terang dari matahari disela jendelaku. Kampus. Satu tempat itu yang memaksaku untuk bergegas. satu tempat yang memaksaku untuk pulang.

Saat perjalanan aku melihat pohon-pohon dan daunnya yang melambai bagaikan tarian mengejekku yang berjalan dengan tatapan linglung. Rasanya malas sekali melangkahkan kakiku ke kampus! Aku teringat ’dua’ hal. Dua tugas yang belum kuselesaikan. Dua ujian yang harus kuhadapi. Dua janji yang harus kutepati dengan dua perempuan yang ada dipikiranku.

Aku berjalan menuju lingkaran tanaman itu, kulihat sosok seseorang yang sudah sangat melekat di hatiku. Orang pertama dari dua sosok itu. Ku lihat punggungnya yang membelakangiku. Kulihat badannya yang bersandar disebuah pohon besar. Ku lihat kakinya yang terkadang menendang batu disekitarnya. Hentakan kakiku membuat dia menoleh. Dengan senyuman hangatnya dia menyambutku. Tatapannya seakan mengajakku untuk segera berlari kehadapannya. Kulihat dia yang kini menatapku. Aku berjalan dengan desir di hati. Satu perempuan yang aku cintai ada didepan mataku. Wanginya, yang entah parfum atau aroma tubuhnya, membuatku memohon kepada tuhan untuk menghentikan udara. Wangi itu.. bau itu.. aku ingat semua hal yang kulalui dengannya. Merah padam wajahku saat aku berbicara dengan dia. Ditumpahkannya segala keluh kesahnya dengan semua masalah hidupnya. Ocehan kecil dari mulutnya terdengar seperti lagu indah ditelingaku. aku tepukkan telapak tanganku di bahunya. dan dia terdiam.
Tenang, tenang seperti pribadinya. Dia memandangku seperti ingin mengatakan sesuatu. Dan dia kembali tersenyum. Senyum itu. Sejuk rasanya. Dan kami kembali tertawa. Tertawa yang tulus tanpa ingat hal pahit yang terjadi di waktu lalu. Beberapa menit kami hanya terdiam. Bisu. Aku hanya merasakan suara angin dan aroma tubuhnya kembali merasuk kehidungku dan menenangkan hatiku. Kebisuan dia pun masih seakan berbicara. Kebisuan itupun aku nikmati. Kebisuannyalah yang aku tunggu. Untuk merasakan segenap rasa hati sebenarnya yang ada dihatinya. Aku mendengar desir hatinya yang tanpa suara, dia menyayangiku. Setidaknya, itulah yang aku harapkan. Waktu yang memisahkan kami. Dengan merasa sedikit terpaksa, aku segera bergegas untuk menjalankan kuliahku. Aku tinggalkan dia tanpa sepatah katapun. Aku hanya tersenyum. Seolah mengerti maksudku, dia mengangguk. Kembali dia tersenyum. Ahh.. senyuman itu.. dia menoleh lagi menatap pohon besar dihadapannya. Kuakui, aku jatuh cinta padanya. Aku ingin memiliki segala ketenangannya yang terasa sejuk dihatiku. Aku ingin memiliki senyumannya itu. Aku ingin sisi tenangnya menemaniku. tapi aku harus pulang. aku harus meninggalkannya... entah untuk berapa lama

Akhirnya aku pulang. aku bergegas menuju kampus. menuju kelasku. Satu sosok lagi menungguku. Kulihat keceriaan di wajahnya saat menatapku. Dua tangannya menggenggam dua hal yang aku gemari. Sekotak susu putih dan sebungkus roti keju. Dia mengajakku berguyon sembari memberikan dua benda itu. Kuterima dengan tawaku yang sedang mendengar guyonannya. Jenaka sekali. Dia sangat bisa membuatku tertawa lepas. Mimik-mimik mukanya yang lucu, yang jelek, yang mengganggu, justru membuatku tertawa. Dibawakannya setumpuk makalah kuliahku yang berat. Tidak ada dosen. Hah. Buat apa aku repot masuk kelas. Teman-teman beranjak pergi meninggalkan kelas. Kulihat pintu kelas tetap terbuka seakan menungguku untuk keluar dari ruangan dan menutupnya. Tapi, aku dan dia tetap berada di kelas. Diceritakannya hal-hal jenaka lainnya. Diajaknya aku berbicara. Celotehannya yang ringan kembali membuatku tertawa. Sekali aku menanggapi celotehannya. Dua kali aku menimpal leluconnya, dan berkali-kali aku yang malah terus berceloteh. Cerewet. Dia menyelak omonganku. Dia katakan seluruh isi hatinya. Dia berbicara tentang aku. Dan kata-kata itu keluar dari bibirnya sendiri. Kata-kata itu terdengar jelas di telingaku. Aku terdiam. Tersenyum. Lalu melangkah pada pintu yang sedari tadi menunggu. Dia mengikuti arah punggungku. Seakan tidak terjadi apa-apa, kami menuruni tangga bersama. Aku sadari kembali, aku juga jatuh cinta padanya. Aku ingin memiliki tawa itu. Aku ingin memiliki keceriaan yang diberikannya. Ekspresinya yang membara. Auranya yang bergairah. Dan tawanya yang setia menemaniku. Aku ingin memiliki semua hal didirinya untuk menemani hariku.

Aku teringat kejadian sebelumnya di lingkaran tanaman tadi. Aku teringat kejadian yang disaksikan pohon besar dihadapanku tadi. Kudengar kata-kata serupa yang keluar dari hati dua orang yang berbeda, dari dua cara yang berbeda. Kembali lagi, seperti air dan api. Satu waktu, ku ingat kata-kata yang hanya kudengar tanpa suara. Satu waktu lainnya, ku ingat kata-kata yang sama yang dengan suara jelas terrekam ditelingaku. Bimbang.


Aku bertanya pada dunia. Dapatkah samudera yang mengagumkan aku belah sementara kakiku tetap berpijak dikeduanya?

Tuhan.. Apakah ini yang dinamakan cinta segitiga? Aku jatuh cinta pada dua diantara sudut-sudut segitiga yang berjauhan itu. Layaknya segitiga, aku sadari bahwa aku tidak dapat berdiri tegar dengan hanya satu sudut yang menopangku..

dan aku sadari kini aku hanya dapat melihat punggung mereka. Menjauh dariku, tanpa ada tolehan sedikit pun. Lelah. Sangat.

__________________________
______________________________________


-was made by HIM, two year ago, 29 april 2007.

dan baru gue baca dua tahun kemudian.. saat gue mulai bisa move on.
membuat gue menyadari, hatinya memang sudah mulai terbagi
hatinya.. bukan hanya buat gue
dan kalo pun tanggal 27 juni gue bukain pintu rumah gue dan memaafkan dia,
gue gak bisa membuka "pintu" yang satunya lagi.
pintu hatinya.. yang dulu cuma buat gue..

dulu, pas gue lagi ancur-ancuran dia tinggal,
ochy sering bilang semua terjadi pasti ada alasannya
vanny bilang time will reveal everything
tyas bilang... nangis aja.. biar lega, abis itu lo lupain semuanya

dan sekarang gue mengerti semua perkataan mereka
time DO reveal everything.. dan gue lega.

sayang itu masih ada
tapi bukan buat dia lagi..
semua tentang dia... udah bisa gue tutup.
dan gue gak nangis kali ini.